Minggu, 16 November 2014

Analisis Web Pemerintahan

Berkas:2011 jamgadang 2 cropped.jpg 

Sumatera Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Sumatra dengan Padang sebagai ibu kotanya. Sesuai dengan namanya, wilayah provinsi ini menempati sepanjang pesisir barat Sumatera bagian tengah dan sejumlah pulau di lepas pantai seperti Kepulauan Mentawai. Dari utara ke selatan, provinsi dengan wilayah seluas 42.297,30 km² ini.Sumatera Barat berpenduduk sebanyak 4.846.909 jiwa dengan mayoritas beretnis Minangkabau yang seluruhnya beragama Islam. Provinsi ini terdiri dari 12 kabupaten dan 7 kota dengan pembagian wilayah administratif sesudah kecamatan di seluruh kabupaten (kecuali kabupaten kepulauan Mentawai) dinamakan sebagai nagari,Situs resmi dari pemerintahan sumbar yaitu http://sumbarprov.go.id/.

Visi  Daerah Sumatera Barat

 "Terwujudnya masyarakat madani yang berbasis industri, perdagangan dan jasa yang unggul dan   berdaya saing tinggi dalam kehidupan perkotaan yang tertib dan teratur." 

Pada Situs Ini terdapat tentang Sumatera Barat yang berisi:

1  Home (Teras Sumatera Barat)
    Sekilas menampilkan  sejarah  poto gubernur dan wakil gubernur Sumbar saat ini dan keadaan juga daya tarik dari propinsi Sumatra barat , kemudian juga di sediakan  slot pengumuman dan  berita terkini tentang kejadian-kejadian yang terjadi di wilayah sekitar  Sumatra bara. Pada  bagian atas web link “teras sumbar” ini juga menyediakan berbagai informasi tentang Sumatera barat,   seperti :




Dalam teras sumbar juga disediakan sublink suara masyarakat, sehingga Jika ingin menyampaikan aspirasi ke pemerintah maka di halaman ini lah masyarakat bisa menyampaikannya dengan syarat harus registrasi dulu di situs ini. Halaman ini sudah lengkap dengan nama dan kapan penulisan komentar. Selanjutnya  balasan langsung di tulis di bawah komentar yang bersangakutan di sertai dengan tanggal penulisan balasan.Namun sayang situs yang bagus ini tidak dilengkapi 2 dua bahasa.

2. Mengenal Sumbar
    Disini adalah isi dari Mengenal Sumatera Barat di dalamnya terdapat Berita terkini mengenai Sumatera Barat, sejarah, demografi dan kekayaan alam di sumbar;  Sumbar Masa Depan;  Pemerintahan yang berisi perangkat daerah, struktur pemerintahan dan lainnya; dan program kerja pemerintahnya. semuanya dapat di akses oleh semua orang, yang ingin mengenal tentang Sumatera Barat.

3. Datang Dan Berkunjung
    Gambar di samping ini adalah bagian yang paling menarik bagi saya setiap kali membuka website daerah, yaitu Bagian Datang dan Kunjungi. Di dalamnya terdapat kalender kegiatan, rekomendasi hotel dan kuliner, kesenian khas Sumatera Barat, tempat belanja dan pariwisata di daerah Sumbar.
Tetapi sangat sayangkan karena beberapa link di samping ternyata kosong seperti kalender kegiatan, tempat belanja dan kesenian.
 
4.Bisnis Sumatera Barat
  Disini adalah  isi dari Bisnis Sumatera Barat,  kita bisa mendapat informasi tentang investasi, produk unggulan, layanan dan perizinan bisnis, retribusi daerah, data UMKM,  statistik, Insentif dan laporan keuangan ini menarik untuk investor yang ingin menanam modal atau membuat usaha di provinsi Sumatera Barat. Pada bagian ini dapat dimanfaatkan para investor yang ingin menanamkan modal atau ingin membuka usaha di Sumatera Barat.

5. Hidup Di Sumatera Barat
    Ini adalah isi dari Hidup di Sumatera Barat, bagian ini membahasa mengenai kependudukan, Pendidikan, Fasilitas Olahraga, Layanan Kesehatan dan keluarga berencana yang di dalamnya terdapat persyaratan pembuatan, KTP,  KK dan akta berharga lainnya.
Jika masyarakat ingin tau kegiatan dan data-data tentang jumlah penduduk, peluang investasi dan bebagai dokumen lainya yang ada di pemerintah sumbar, maka di halaman dapat dijadikan referensi utama.
 
6. Gallery
    Halaman ini berisi tentang dokumentasi photo-photo dan video kegiatan pemprov Sumatera barat, dan motif-motif batik Sumatera Barat. Poto yang disajikan cukup menarik dan apik.
 

7  Transparansi Pengelolaan Anggaran

             
    Pada gambar diatas tertampil transparansi anggaran yang mendukung terciptanya good governance di sumbar. Karena berbagai informasi tentang transparansi anggaran dapat di unduh dan dapat dijadikan koreksi oleh masyarakat terhadap kinerja pemerintah provinsi.

8  Produk Perundangan
    Berbagai produk perundangan keluaran pemerintah daerah provinsi Sumatera Barat, keputusan Menteri, dan peraturan gubernur bisa di download.


9. Link
    Pada halaman paling depan pada webite ini berisikan daftar link penting situs pemerintahan kota, pemerintah kabupaten dan situs lembaga pemerintahan propinsi sumatera barat.
Situs ini sudah di lengkapi oleh fitur online chat langsung ke lembaga-lembaga penting yang ada di sumatera barat seperti : Bappeda, Dinas ESDM, prasarana jalan, tata ruang dan pemukiman, Basan Diklat, Dinas Pertanian, Inspektora, Badan Ketahanan Pengan.
Jadi bagi masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasinya, bisa langsung ke badan yang di tuju melalu online chat tersebut dengan catatan harus registrasi dahulu di situs ini, fitur ini sangat efektif jika di manfaatkan dengan maksimal.

III. IDENTIFIKASI PENERAPAN E-GOVERNANCE
Domain e-goverment pada website provinsi Sumatera Barat sudah mencakup 3 domain, yaitu e-administration, e-service, dan juga e-society. Berikut penjelasannya:

  1. 1.       E-adminstration
     Tujuan dari e-administration adalah untuk meningkatkan kinerja internal pada sektor publik dengan memotong biaya proses, memanajemen kinerja proses, menciptakan hubungan strategis di dalam lembaga pemerintah, dan menciptakan pemberdayaan. Beberapa hal berikut sebagai bukti bahwa website Sumbar termasuk e-administration:

  • Adanya informatisasi pendukung proses keputusan yaitu berupa penyajian berita terkini, dan juga komentar-komentar dan saran yang diajukan masyarakat melalui fitur “suara masyarakat”.
  • Melalui website ini para pejabat pemprov Sumbar akan diberdayakan agar mereka paham akan IT dan tidak menjadi pejabat yang gaptek.

  1. 2.      E-service
    E-service berfokus pada meningkatkan hubungan antara pemerintah dan warganya dengan meningkatkan aliran informasi diantara keduanya-yang melibatkan komunikasi dua arah- dan meningkatkan level pelayanan pemerintah terhadap warganya. Pengajuan perizinan melalui website pemerintah merupakan contoh penerapannya.
Berbagai informasi tentang pembuatan KK, KTP dan arsip penting lainnya bagi warga Sumbar, dapat diperoleh di website ini.Namun , sayangnya beberapa fitur yang disediakan ternyata isinya kosong, hal ini cukup membuat pengunjung website merasa kecewa.

  1. 3.      E-society
   E-society pada dasarnya memperluas domain e-service dengan memfokuskan pada kelembagaan stakeholder, semisal penyedia layanan sektor privat, agensi publik lainnya, dan organisasi dan nir laba. E-society memiliki fokus untuk membangun kemitraan yang bersifat jangka panjang dan komunitas sosial/ ekonomi; contohnya, melalui penciptaan portal komunitas bisnis.
Pada halaman paling depan terdapat beberapa link yang langsung menghubungkan kita ke bebepaba dinas daerah dan web kota dan kabupaten di provinsi Sumbar. Walaupun link yang disediakan hanya terkait pemerintahan daerah tanpa ada link yang menghubungkan ke sektor bisnis yang sekiranya dapat di manfaatkan para investor atau stakeholder lain.
Bisa dikatakan bahwa website ini telah menerapkan konsep G2B (Government ti Business) dengan baik. Karena website ini tidak hanya “sekedar” memiliki fitur untuk melaksanakan e-procurement saja, namun pelelangan secara elektronik ini juga bisa dikatakan up to date. Selain fitur yang mendukung e-procurement ini, juga terdapat informasi-informasi mengenai peluang investasi bagi para pemilik modal di berbagai bidang, diantaranya: pertanian, kehutanan, peternakan, pertambangan dan energi hingga pariwisata serta di bidang industri dan perdagangan.
Selain konsep G2B, website ini juga telah menerapkan konsep G2G (government to government), bisa dilihat dari terdapatnya  link – link sub domain yang menghubungkan langsung kepada website – website pemerintah kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat itu sendiri.
Untuk konsep G2C (government to citizen), selain menyediakan berbagai bentuk informasi bagi masyarakat Sumatera Barat, pemerintah juga menyediakan menu khusus “suara masyarakat”, pemerintah provinsi Sumatera Barat juga menyediakan fitur online chat yang terhubung langsung kepada beberapa lembaga pemerintahan, seperti Dinas Pertanian SumBar, Bappeda SumBar, Badan diklat, Inspektorat provinsi, dll. Untuk tampilannya, bisa dilihat pada gambar dibawah ini:
Pada Website Sumatera Barat ini terdapat relasi G2C. Ini terlihat pada kolom perijinan. Lalu terdapat suara masyarakat yang bisa digunakan masyarakat untuk menyampaikan aspirasimya. Adapun G2G misalnya link Dinas Peternakan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Badan Diklat Provinsi Sumbar Badan Pusat Statistik Sumbar Badan Meteorologi dan Geofisika Komisi Pemilihan Umum Sumbar Biro Pembangunan dan Kerjasama Rantau Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah. Seperti gambar dibawah ini
Jika dilihat dari model tahapan World Bank, website pemerintah provinsi SumBar ini baru mencapai tahap interact (komunikasi dua arah (email) untuk menjaring opini masyarakat). Meskipun belum terlalu efektif, tapi sudah cukup baik karena meskipun suara masyarakat yang terakhir masuk adalah lebih dari satu tahun yang lalu, namun semuanya mendapatkan tanggapan. Semenjak bulan Maret 2010, saya tidak tahu apakah memang masyarakat yang tidak mengirimkan aspirasi atau saran ataupun kritiknya, ataukah memang opini dan aspirasi masyarakat tersebut tidak dipublish oleh pengelola website. Kalau memang tidak dipublish oleh pengelola, untuk apa masih ada dana pengelolaan website bagi tiap-tiap pemerintah daerah, padahal tujuan dibuatnya website itu sendiri adalah untuk meningkatkan transparansi, akuntabilitas daari pemerintah, serta sikap partisipatif dari masyarakat itu sendiri.
Untuk tahapan pertama (publish) sudah dilewati dengan sangat baik,  Karena pada website tersebut terdapat berbagai macam informasi, mulai dari sejarah-sejarah Sumatera Barat, produk-produk hukum pemerintah hingga berita-berita terkini.
Sementara, untuk tahapan transact (transaksi pelayanan masyarakat online) baru sekadar online chat saja, dan itu pun tidak melayani registrasi apapun, sepertinya. Transaksi yang dilakukan pemerintah di website ini hanya yang melalui fitur LPSE tadi, yaitu dengan komunitas bisnis.

IV. KELEMAHAN DAN KELEBIHAN
Untuk tampilan web Sumatera Barat, ada beberapa hal yang kami rasa kurang  baik. Seperti penggunaan ukuran teks pada link dan isi-isi berita yang kecil. Namun website ini juga memiliki beberapa kelebihan. Berikut ini adalah kelemahan dan kelebihannya:
.
Kelemahan

  • Fitur chat online tidak yang di manfaatkan jarang aktif
  • Tidak disediakan dalam 2 bahasa
  • Tidak  di lengkapi dengan search engine, yang memudahkan masyarakat untuk mencari informasi yang kita inginkan dari situs ini

  • Masih banyak link link kosong. Beberapa link penting ternyata ketika dibuka tidak ada isinya.
Beberapa link kosong tersebut antara lain: nomor penting, program kerja, sumbar masa depan, kalender kegiatan, tempat belanja, layanan perizinan dan ada beberapa fitur lain diantaranya.
Kelebihan

  • Dari segi tampilan sudah cukup menarik dan informasi yang ada di web cukup update
  • Situs ini menghubungkan masyarakat ke beberapa lembaga penting di sumbar dan kabupaten-kabupaten di sumbar

  • Kecepatan akses ketika kita mengunjungi website ini sangat baik. Jadi tidak perlu menunggu lama untuk kita melihat semua tampilan website ini muncul dengan sempurna. Begitu juga ketika kita mengunjungi link-link yang ada pada web ini.
  • Struktur navigasi pada website sumatera barat pada menu utama terdapat Teras Sumbar, Mengenal Sumbar, Datang &Kunjungi, Hidup Di Sumbar, Gallery, Transparansi Pengelolaan Anggaran Daerah Dan Produk perundangan . Menu utama ini dapat langsung kita temukan karena berada di atas, atau berada pada header. Hal ini sangat mempermudah pengguna untuk mencari informasi yang ingin dipilih.
  • Situs ini disediakan dalam dua tampilan yaitu desktop dan smartphone. Ini berarti website ini mudah juga diakses melalui smartphone.
     Selanjutnya,setelah saya membahas mengenai situs pemerintah dari mulai definisi sampai fungsinya, saya ingin mengetahui seberapa banyak orang yang mengunjungi web-web resmi tersebut, karena banyak dari kita(termasuk saya) jarang sekali mengunjungi web-web tersebut, dengan alasan  tampilan web atau informasi yang diberikan kurang menarik dan lengkap.Saya ingin mengetahui hal tersebut dengan menggunakan Tools Pengukuran pada Web.


Hasil pengukuran dari  situs "www.sumbarprov.go.id" dengan menggunakan tools Alexa.com adalah sebagai berikut :
   

Secara global,situs ini telah dikunjungi oleh 192,992 kali,sementara di Indonesia sendiri baru 3,041 kali.
 
Grafik diatas menunjukan siapa saja yang telah mengunjungi situs ini.
 
Gambar diatas memberikan informasi mengenai asal dari  lokasi website yang di ukur.
 
Data tersebut diambil pada pukul 14.51 WIB Hari Minggu tanggal 16 November 2014.

     Jadi,dapat kita simpulkan bahwa kurangnya minat masyarakat Indonesia untuk mengunjungi situs-situs pemerintahannya,dibuktikan dengan sedikitnya jumlah/view pengunjung pada web ini jika dibandingkan dengan jumlah total masyarakat Indonesia. Namun, saya mengapresiasi pemerintah karena sudah berusaha mengemas informasi-informasi yang tersebar dengan cara yang  sangat praktis seperti ini walaupun masih ada sedikit kelemahan.
 
     Kemudian saya akan menjelaskan mengenai Tools yang saya gunakan tadi
 Alexa
www.alexa.com
Alexa merupakan sebuah web informasi yang memberikan ranking bagi sebuah web, tampaknya Alexa bukan karena itu saja sangat dikenal dan diperhitungkan para web surfer tidak hanya diluar seperti di Amerika namun disini juga menjadi semacam tolak ukur untuk menentukan traffic dari sebuah website. Lalu apakah yang dimaksud dengan Alexa Ranks? Alexa Ranks adalah ranking yang diberikan oleh Alexa web dimana ranking tersebut berasal dari total jumlah pengunjung Unique Alexa Toolbar. Hmmm.. jadi Alexa itu semacam toolbar ya? Kalau boleh saya bilang sih bisa jadi semacam itu, karena kalau mau ngecek popularitas sebuah web ke webnya langsung kan agak ribet jadi Alexa membuat semacam toolbar yang memudahkan untuk pengecekan sehingga kita bisa mengetahuinya secara langsung. Toolbar tersebut menunjukkan popularitas dari website yang bersangkutan. Untuk saat ini tampaknya Yahoo masih menjadi website dengan maximum traffic berdasarkan data dari Alexa, setelah itu baru diikuti oleh Google . Banyak orang mengatakan jika popularitas Alexa atau istilahnya Alexa trends sudah menurun dan kita tidak usah terlalu memikirkan ranking dari Alexa! Menurut saya keberadaan Alexa masih sangat penting dalam pencapaian sebuah Page Rank (PR) yang tinggi karena menunjukkan kualitas dan popularitas dari website yang kita miliki. 



Kelebihan dari Alexa adalah :

- Alexa ini membantu dengan memberikan informasi tentang kualitas dan popularitas dari sebuah website.

- Berguna bagi website yang anda memiliki untuk diterima dalam program make money online.

- Membantu anda dalam mengetahui posisi jika terdapat kompetisi dan anda bisa mengetahui volume traffic dari website yang anda miliki.



Kekurangannya adalah :

- Perhitungan algoritma Alexa yang baru dan pastinya ribet, karena sistem ranking yang diberikan oleh Alexa semakin akurat karena Alexa juga memberikan ranking berdasarkan sumber lain juga

- Mungkin saling cross check dengan Google, Yahoo!, MSN dan website berpengaruh lainnya, dan sudah banyak penurunan ranking yang dialami oleh para webmaster (terutama pemilik blog).

Daftar Pusaka:
Resensi Buku:
        PEMERINTAHAN DAERAH DI INDONESIA
        Jumlah Halaman : 410
        Penerbit : Sinar Grafika
        Tahun Terbit : 2008



 




0 komentar:

Posting Komentar