Pemodelan
- Pemodelan adalah pola/contoh dari sesuatu yang akan dibuat atau dirancang. Pemodelan adalah tahap dimana akan dibentuknya suatu obyek. Proses pemodelan ini memerlukan perancangan dengan beberapa langkah saat pembuatannya.
- Grafik didefinisikan sebagai pengungkaapn dan perwujudan dalam bentuk huruf,simbol dan gambar dengan menggunakan proses pencetakan. Grafik juga didefinisikan sebagai suatu manipulasi model dan citra.
Desain permodelan grafik sangat berkaitan dengan grafik komputer. Pemodelan adalah proses membentuk suatu obyek. Membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat seperti hidup. Sesuai dengan obyek dan basisnya, proses ini secara keseluruhan dikerjakan di komputer.
Melalui konsep dan proses desain, keseluruhan obyek bisa diperlihatkan secara 3 dimensi, sehingga banyak yang menyebut hasil ini sebagai pemodelan 3 dimensi (3D modelling) (Nalwan, 1998).
Selanjutnya kita akan masuk kepada konsep Permodelan grafik, ada 5 prinsip Konsep dalam Permodelan Grafik yaitu:
- Kesederhanaan
Banyak pakar desain grafis menyarankan prinsip ini dalam pekerjaan desain.Hal ini sangat logis demi kepentingan kemudahan pembaca memahami isi pesan yang disampaikan. Dalam penggunaan huruf sebuah berita misalnya. Huruf judul (headline), subjudul dan tubuh berita (body text) sebaiknya jangan menggunakan jenis font yang ornamental dan njilimet, seperti huruf blackletter yang sulit dibaca. Desainer grafis lazim juga menyebut prinsip ini sebagai KISS (Keep It Simple Stupid). Prinsip ini bisa diterapkan dengan penggunaan elemen ruang kosong (white space) dan tidak menggunakan terlalu banyak unsur-unsur aksesoris. - Keseimbangan
Keseimbangan adalah keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual. - Kesatuan
Kesatuan adalah kohesi, konsistensi, ketunggalan atau keutuhan, yang merupakan isi pokok dari komposisi.
- Penekanan (aksentuasi)
- Irama (repetisi)
- Unsur desain grafik
- Garis (Line)
- Bentuk (Shape)
- Tekstur (Texture)
- Ruang (Space)
- Ukuran (Size)
- Warna (Color)
Referensi:
http://smartwomenn.blogspot.co.id/2012/10/pengertian-desain-dan-pemodelan-grafik.html
http://www.ilmugrafis.com/artikel.php?page=prinsip-prinsip-desain-grafis
https://marshaclick.wordpress.com/2014/10/02/konsep-pemodelan-grafik/
0 komentar:
Posting Komentar