SEO adalah serangkaian upaya yang dilakukan
oleh seorang webmaster pada sebuah website yang bertujuan untuk meningkatkan
visibilitas sebuah halaman website menjadi lebih baik di mesin pencari,
terutama Google. Halaman website yang memiliki ranking yang baik di halaman
pencarian Google tentunya akan berpeluang untuk mendapatkan lebih banyak
visitor potensial terus menerus secara gratis.
Bila kita mengetikkan sebuah kata kunci di halaman pencarian
Google, kita akan melihat list website yang berhubungan dengan kata kunci
tersebut. Halaman website/ blog yang teroptimasi dengan baik dan berada
pada urutan atas (posisi 1 – 4) biasanya akan mendapatkan pengunjung lebih
banyak dibandingkan dengan website yang berada di urutan bawah dari hasil
pencarian. Perlu kita perhatikan, yang saya maksud dengan website/ blog
yang teroptimasi dengan baik dari sisi SEO adalah website yang
berada di urutan atas hasil pencarian organik (Organic Search), bukan website
yang memasang iklan di Google (Google Ads).
Apa Manfaat dan Keuntungan SEO Bagi Sebuah Bisnis?
Semua bisnis pasti harus punya profit, right? Berbagai cara
dilakukan pengusaha untuk meningkatkan keuntungan perusahaan mereka, baik
dengan melakukan pemasaran offline maupun melalui #internet marketing.
Berikut ini adalah beberapa manfaat SEO dalam pemasaran online sebuah
bisnis:
1. Mendatangkan Trafik Potensial ke Website Bisnis
Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa halaman website
yang teroptimasi dengan baik dari sisi SEO akan mendapatkan peringkat yang baik
juga di mesin pencari, misalnya #Google. Semakin baik posisi halaman
website Anda di Google maka peluang untuk mendapatkan pengunjung (trafik)
potensial akan semakin besar. Pengunjung potensial inilah yang nantinya
akan menjadi calon customer bisnis Anda.
Mengapa saya menyebutkan trafik dari Google adalah trafik
potensial? Tidak semua sumber trafik memberikan benefit bagi bisnis Anda,
apalagi bila trafik tersebut berasal dari website-website auto surf yang
memberikan visitor bot ke website Anda. Trafik seperti ini sama sekali tidak
ada gunanya bagi perkembangan bisnis Anda, trust me!
Para pengguna Google biasanya mengetikkan kata kunci
unik ketika mereka mencari produk yang mereka butuhkan, atau mencari
informasi bermanfaat untuk memberikan solusi pada masalah mereka. Nah ketika
mereka menemukan website bisnis Anda melalui Google yang notabene selalu
menampilkan hasil pencarian berdasarkan kata kunci, maka kemungkinan besar
mereka akan menjadi customer karena mereka menggunakan kata kunci yang relevan dengan
bisnis Anda. Trafik potensial ini akan datang terus menerus ke website Anda
secara gratis dan akan membantu meningkatkan jumlah customer dan penjualan
bisnis Anda.
2. Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Anda
Brand Awareness adalah kemampuan calon pembeli atau konsumen
untuk mengenali maupun mengingat sebuah merek. Semakin terkenal sebuah merek
pada niche tertentu maka kemungkinan intensitas penjualan juga akan semakin
besar. Sebenarnya ada banyak cara untuk meningkatkan Brand Awareness sebuah
bisnis. Salah satunya adalah dengan optimasi website di mesin pencari (SEO).
Ketika pengguna internet mencari informasi yang
berhubungan niche Anda melalui Google dan menemukan informasi
bermanfaat di website Anda maka kemungkinan besar mereka akan mengingat
halaman website yang memberikan informasi berharga tersebut, yaitu website
Anda. Semakin banyak orang yang membuka website Anda dari mesin pencari maka
merek bisnis Anda juga secara otomatis akan semakin terkenal, setidaknya
dikalangan para pengguna internet.
3. Mendapatkan Data Customer Anda dengan Gratis
Banyak pengusaha online yang bersedia mengeluarkan banyak
uang untuk memasang iklan di berbagai media periklanan dengan tujuan untuk
mendapatkan data kontak (email, nomor ponsel, alamat, dan lainnya) calon
customer ataupun pelanggan setia bisnis mereka. Apa manfaat data kontak ini?
Dengan mengetahui data calon customer maka akan lebih mudah untuk
menghubungi mereka ketika kita mengeluarkan produk baru atau ingin memberikan
penawaran promosi khusus untuk menjual produk lama. Intinya, kita tetap bisa
terhubung dengan customer setiap saat.
Bila website Anda berada pada posisi teratas di mesin
pencari maka akan lebih mudah untuk mendapatkan data customer tersebut, dan
tentu saja gratis. Tentunya kita membutuhkan layanan lain untuk menyimpan data
base customer tersebut, misalnya layanan autoresponder untuk membangun email
list customer kita.
Sebenarnya masih ada banyak lagi manfaat SEO bagi bisnis
Anda, dan menurut saya 3 poin di atas adalah yang paling penting. Masing-masing
orang akan merasakan manfaat SEO bagi bisnis mereka ketika sudah mengalaminya
sendiri, yang pasti bisnis Anda akan lebih stabil jika website Anda teroptimasi
dengan baik di mesin pencari.
Apa Saja yang Dilakukan Dalam Kegiatan SEO ?
Di dalam strategi SEO, ada dua hal PENTING yang harus
dikerjakan oleh seorang internet marketer, yaitu: SEO On Page dan SEO
Off Page. Yuk kita bahas lebih jauh.
1. Apa Itu SEO On Page
SEO On Page adalah sebuah upaya optimasi website yang
dilakukan dari sisi website itu sendiri. Dengan kata lain, upaya optimasi yang
dilakukan oleh seorang pemilik website/ webmaster dengan mendesain website yang
SEO Friendly. Beberapa elemen penting yang terdapat dalam SEO On Page antara
lain:
- Membangun website
dengan struktur yang baik, tampilannya menarik, dan load-nya cepat
- Menggunakan
Title Tag yang baik untuk homepage dan judul konten
- Menambahkan
description yang relevan dengan website
- Membangun
konten yang bermanfaat bagi audiens
- Mengatur
URL (permalinks) yang SEO Friendly
- Menggunakan
Heading dengan baik (H1, H2, H3, H4)
- Mengatur
navigasi website sebaik mungkin
- Membangun
internal links
- Menambahkan
keywords pada penamaan gambar/ image
- Dan
lain-lain
2. Apa Itu SEO Off Page
SEO Off Page adalah upaya optimasi website yang dilakukan
dari luar website yang dibangun. Sebuah halaman website yang SEO On Page nya
sudah bagus perlu didukung dengan optimasi dari luar website itu sendiri.
Optimasi off page dilakukan dengan cara membangun links (backlinks) dari situs
lain menuju website yang dioptimasi. Beberapa jenis links yang biasa dibangun
untuk meningkatkan popularitas sebuah website di internet antara lain:
- Links
dari media sosial (Twitter, Facebook, Google+, Youtube, dan lain-lain)
- Links
dari web 2.0 properties (Blogspot, WordPress, Weebly, dan lain-lain)
- Links
dari forum online (Kaskus, Bersosial, Forum Detik, Forum Kompas, dan
lain-lain)
- Links
dari situs social bookmark (Lintas.me, Diigo.com, Folkd.com, dan
lain-lain)
- Links
dari kegiatan blogwalking (berkomentar di blog orang lain)
- Links
dari website yang menerima guest blogger
- Dan
lain-lain
Referensi : https://www.maxmanroe.com/apa-itu-seo-apa-manfaat-search-engine-optimization-bagi-sebuah-bisnis.html
0 komentar:
Posting Komentar